Breaking News
Kasus Ezra Walian Beres, PSSI Berpeluang Buka Kran Pemain Naturalisasi     Pertajam Lini Depan, Resmi MU Ikat Mantan Bomber Barito Putera     Kecewa dengan Oknum yang Rugikan Persipura, Jakcsen F Tiago Berfikir untuk Mundur     Dapat Restu dari FIFA, PSSI Pastikan Ezra Walian dapat Bela Timnas Indonesia     Setelah Lama Menghilang, Arema FC Berencana Kembali Gunakan Jasa Kurnia Meiga    
Akbar Rasyid Legenda PSM yang Putuskan Pensiun di Persela
21 Oktober 2020 | 07:31 WIB oleh Amirul Mukminin
SepakbolaNasional - @Indosport.com ± 8 bulan yang lalu
220   x
Share on:
(Akbar Rasyid Legenda PSM yang Putuskan Pensiun di Persela) - @Indosport.com - Akbar Rasyid (kanan) saat mengikuti kursus lisensi kepelatihan level C AFC di Jakarta.
Keterangan gambar : Akbar Rasyid Legenda PSM yang Putuskan Pensiun di Persela Akbar Rasyid (kanan) saat mengikuti kursus lisensi kepelatihan level C AFC di Jakarta. (Sumber gambar:@Indosport.com)

Apa Kabar Akbar Rasyid? Eks Gelandang PSM Makassar dan Persebaya Surabaya


Liga123 - Apa kabar Akbar Rasyid? pemain sepakbola berposisi sebagai gelandang (Midfielder) yang pernah memperkuat dua klub legendaris Indonesia, yakni PSM Makassar dan Persebaya Surabaya.


Akbar Rasyid lahir di Makassar pada 1 Januari 1983 dan kini telah berusia 37 tahun. Ia mengawali karir Sepakbola profesional bersama klub tanah kelahiran sekaligus impian masa kecilnya, PSM Makassar.


Bersama klub berjuluk Skuad Ramang, pria berpostur 169 cm ini berhasil menyabet runner up Divisi Utama Liga Indonesia 2003 dan 2004 dan sempat merasakan atmosfer Liga Champions Asia di kedua musim tersebut.


Gelandang yang identik dengan angka 13 ini juga pernah membela klub-klub besar Indonesia seperti Arema Malang (2005/06) dan Persebaya Surabaya dari tahun 2012 hingga pertengahan Indonesia Super League (ISL) 2014.


Dia menemukan kesuksesan kala memperkuat Persisam Putra Samarinda dan didapuk sebagai kapten selama empat musim berturut-turut mulai dari tahun 2008 hingga 2012.


Tidak hanya dijuluki El Capitano oleh suporter Persisam, Akbar Rasyid juga sukses mempersembahkan trofi Divisi Utama 2008/09 sekaligus tiket promosi ke ajang ISL 2009/10.


Persela Lamongan menjadi pelabuhan terakhirnya saat kompetisi Indonesia kala itu bernama QNB League 2015 yang harus terhenti pada minggu ketiga akibat dibekukannya PSSI oleh FIFA.


Kemudian, dia pun memberi keputusan untuk gantung sepatu dari hingar bingar dunia Sepakbola profesional. Bukan karena pembekuan PSSI, melainkan cedera kambuhan yang terus menghantuinya.


"Saya pensiun di Persela ketika kompetisi berhenti pada tahun 2015 karena cedera lutut," ungkap Akbar Rasyid kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT, Selasa (20/10/20).


Lantas, apa kabar Akbar Rasyid saat ini?


Setelah pensiun, dia tetap tak bisa jauh-jauh dari dunia yang membesarkan namanya dengan menempuh jalan yang juga banyak dipilih oleh para eks pemain sepakbola profesional lainnya.


"Sekarang saya melatih klub PSMU Minahasa Utara yang berlaga di Liga 3 Zona Sulawesi Utara sejak dua tahun lalu. Dilain sisi, saya juga membuka usaha kuliner," ungkap Akbar Rasyid.


Rupanya, Akbar Rasyid sangat serius untuk melanjutkan karir sebagai Pelatih (juru taktik) Sepakbola profesional. Dia telah merencanakan untuk mengambil lisensi hingga level AFC Pro.


"Saya mengambil lisensi D di Ternate, sedangkan lisensi C di Jakarta. Saya berniat untuk mendapatkan lisensi Pelatih (juru taktik) level AFC Pro dan sedang menanti kesempatan untuk bersekolah lagi," ujarnya.


Selain sebagai Pelatih (juru taktik) Sepakbola bersama PSMU Minahasa Utara, Akbar Rasyid juga tak lupa menjalankan kewajibannya sebagai ayah untuk membimbing dua putra dan dua putrinya.



Share on: