Breaking News
Kasus Ezra Walian Beres, PSSI Berpeluang Buka Kran Pemain Naturalisasi     Pertajam Lini Depan, Resmi MU Ikat Mantan Bomber Barito Putera     Kecewa dengan Oknum yang Rugikan Persipura, Jakcsen F Tiago Berfikir untuk Mundur     Dapat Restu dari FIFA, PSSI Pastikan Ezra Walian dapat Bela Timnas Indonesia     Setelah Lama Menghilang, Arema FC Berencana Kembali Gunakan Jasa Kurnia Meiga    
Mengejutkan! Pelatih Anyar Persija Pernah Terlibat Pengaturan Skor Serie A Italia
10 Juni 2021 | 21:19 WIB oleh Amirul Mukminin
Liga1 - @Skor.Id ± 4 hari yang lalu
317   x
Share on:
(Mengejutkan! Pelatih Anyar Persija Pernah Terlibat Pengaturan Skor Serie A Italia) - @Skor.Id - Pelatih anyar Persija Jakarta, Angelo Alessio (kiri), berfoto dengan Antonio Conte.
Keterangan gambar : Mengejutkan! Pelatih Anyar Persija Pernah Terlibat Pengaturan Skor Serie A Italia Pelatih anyar Persija Jakarta, Angelo Alessio (kiri), berfoto dengan Antonio Conte. (Sumber gambar:@Skor.Id)

Pelatih (Juru Taktik) Baru Persija Jakarta Sempat Terjerat Skandal Match-fixing Scommessopoli

Liga123 - Pelatih (Juru Taktik) baru Persija Jakarta, Angelo Alessio, sempat terjerat kasus pengaturan pertandingan di Liga Italia.

Pada medio 2012 Sepakbola Italia kembali diguncang dengan skandal pengaturan skor dan judi yang diberi nama scommessopoli.

Skandal ini disebut lebih besar daripada kasus pengaturan skor yang terjadi pada 2006 yang ramai disebut dengan calciopoli.

Skandal scommessopoli turut melibatkan pemain dan Pelatih (juru taktik) ternama asal Italia, termasuk Antonio Conte dan Asistennya, Angelo Alessio, yang kini melatih Persija Jakarta.

Angelo Alessio merupakan sosok Pelatih (juru taktik) yang punya hubungan erat dengan Antonio Conte, eks juru taktik Juventus, Tim Nasional Italia, dan Chelsea.

Bahkan sebelum keduanya bekerja sama di Juventus pada 2011-2014, Angelo dan Conte pernah melatih Siena pada 2010-2011.

Hanya saja, selama di Siena, Conte dan Angelo justru tersandung kasus hukum.

Skandal match-fixing yang melibatkan Siena menyeret Conte dan Angelo sehingga berujung sanksi larangan memimpin tim.

Dua pertandingan Siena di Serie B melawan Novara dan AlbinoLeffe pada 2011 terbukti melibatkan tindak pengaturan skor.

Conte dihukum 10 bulan larangan memimpin tim yang kemudian mendapat pengurangan menjadi empat bulan dari Italian National Anti-Doping Tribunal (TNA).

Sedangkan Angelo yang kini melatih Persija dijatuhi sanksi delapan bulan melatih sebelum akhirnya mendapat keringanan menjadi dua bulan saja.

"Hukuman bagi keduanya didapatkan karena tak melaporkan insiden pengaturan skor dalam dua pertandingan musim 2010-2011 saat melatih Siena," tulis artikel Goal pada 2012.

Conte dan Angelo menjalani hukuman tersebut ketika keduanya sudah bahu-membahu melatih Juventus.

Angelo yang lebih dulu rampung menjalani hukuman sempat menjadi caretaker menggantikan Conte.

Eks pemain Juventus itu memimpin Si Nyonya Besar pada medio Oktober 2012 hingga Desember 2012 atau hingga Conte merampungkan masa hukumannya.

Kini setelah sembilan tahun pascakasus tersebut, Angelo Alessio resmi diperkenalkan sebagai Pelatih (juru taktik) baru Persija Jakarta, Kamis (10/6/2021).

Diumumkan langsung oleh Presiden Persija, Mohamad Prapanca, Angelo akan memimpin skuad Macan Kemayoran pada musim 2021-2022.


Share on: