Breaking News
2 Tahun Menepi Akibat Cedera, Mantan Kiper Timnas ini Siap Comeback di Turnamen Walikota Solo 2021     Kasus Ezra Walian Beres, PSSI Berpeluang Buka Kran Pemain Naturalisasi     Pertajam Lini Depan, Resmi MU Ikat Mantan Bomber Barito Putera     Kecewa dengan Oknum yang Rugikan Persipura, Jakcsen F Tiago Berfikir untuk Mundur     Dapat Restu dari FIFA, PSSI Pastikan Ezra Walian dapat Bela Timnas Indonesia    
PSSI Pastikan Usulan Kompetisi Tanpa Degradasi Akan Diputuskan Dalam Kongres Tahunan
08 Mei 2021 | 04:18 WIB oleh Amirul Mukminin
SepakbolaNasional - @Skor.Id ± 1 bulan yang lalu
126   x
Share on:
(PSSI Pastikan Usulan Kompetisi Tanpa Degradasi Akan Diputuskan Dalam Kongres Tahunan) - @Skor.Id - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (tengah), Wakil Ketua Umum, Iwan Budianto (kiri), serta Plt Sekjen, Yunus Nusi (kanan), saat mengikuti rapat anggota eksekutif (Exco), Senin (3/5/2021). (
Keterangan gambar : PSSI Pastikan Usulan Kompetisi Tanpa Degradasi Akan Diputuskan Dalam Kongres Tahunan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (tengah), Wakil Ketua Umum, Iwan Budianto (kiri), serta Plt Sekjen, Yunus Nusi (kanan), saat mengikuti rapat anggota eksekutif (Exco), Senin (3/5/2021). ( (Sumber gambar:@Skor.Id)

Plt Sekjen (Sekretaris Jendral) PSSI Ungkap Alasan Klub Ajukan Kompetisi Tanpa Degradasi

Liga123 - Pelaksana tugas (Plt) Sekjen (Sekretaris Jendral) PSSI, Yunus Nusi, menuturkan usulan klub terkait peniadaan sistem degradasi akan dibawa ke Kongres Tahunan PSSI.

Kongres Tahunan PSSI sendiri rencananya akan dilangsungkan di Jakarta pada 29 Mei 2021.

Wacana Liga 1 2021-2022 digelar tanpa sistem degradasi tengah ramai diperbincangkan.

Liga 1 2021-2022 yang direncanakan bakal dimulai pada 3 Juli mendatang diberitakan tak menerapkan sistem degradasi.

Hal itu diketahui setelah para anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI mengadakanrapat pada Senin (3/5/2021).

Yunus Nusi berbicara rencana PSSI mengadakankompetisi tanpa degradasi pada musim ini merupakan usulan dari para klub peserta Liga 1.

“Bahwa Exco PSSI mengakomodasi surat permohonan dari sebagian besar klub Liga 1 dan Liga 2 tentang permohonan kompetisi tanpa degradasi. Kendati Demikian tetap ada promosi, juara Liga 1 dan juara Liga 2 tetap ada,” kata Yunus Nusi, dalam laman resmi PSSI.

Keputusan penghapusan sistem degradasi pada Liga 1 2021-2022 akan dilakukan pada Kongres Tahunan PSSI.

“Exco PSSI sebatas memberi keputusan dalam rapat Exco tanggal 3 Mei 2021 untuk memasukkan agenda ini ke dalam kongres," Yunus menuturkan.

"Nantinya kongres sebagai pengambil keputusan tertinggi dalam organisasi yang akan memberi keputusan karena terkait dengan jumlah peserta Liga 1 dan Liga 2 di tahun 2022 nanti,” Yunus Nusi menjelaskan.

Lelaki yang juga menjabat Ketua Asprov PSSI Kalieks Timur itu menyebut ada beberapa alasan kenapa klub mengusulkan hal itu.

Pertama, kompetisi masih dalam suasana pandemi Covid19.

Dilain sisi, PSSI serta PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan klub masih belajar soal protokol kesehatan.

“Itu akan menyulitkan klub itu untuk bersaing dengan klub-klub lain. Itu tentu menjadi persaingan yang tidak sehat,” ujar Yunus.

“Lalu bagaimana jika itu terjadi di Indonesia? Ini pasti sesuatu yang dilematis."

“Dari semua alasan tadi, Exco PSSI akan membawa persoalan ini ke Kongres Tahunan untuk dimintakan persetujuan. Kalau kongres setuju ya jalan. Kalau tidak ya akan berjalan seperti biasa. Ada promosi dan degradasi,” Yunus Nusi menegaskan.


Share on: