Breaking News
Asnawi Mangkualam Tak Diturunkan, Ansan Greeners Ditahan Imbang Jeonnam Dragons     Akui Dapat Gaji Rp 400 Juta Perbulan, Bagus Kahfi : Pajak nya 38 Persen     Presiden Madura United : Andai Pemerintah Tak Memberi Izin, Lebih Baik Liga 1 2021 Dibubarkan Saja     Terus Merugi, 5 Klub Liga 1 Desak PT LIB Untuk Segera Gulirkan Kompetisi     Dukung Tim Bulutangkis Indonesia, Eks Pemain Timnas Ini Pukul TV Pakai Raket    
Exco PSSI Sebut Isu Pengurangan Slot Pemain Asing Tak Masuk Akal
07 Mei 2021 | 11:38 WIB oleh Amirul Mukminin
Liga1 - @Bolasport.com ± 3 bulan yang lalu
523   x
Share on:
(Exco PSSI Sebut Isu Pengurangan Slot Pemain Asing Tak Masuk Akal) - @Bolasport.com - Yoyok Sukawi Exco PSSI Sekaligus CEO PSIS Semarang
Keterangan gambar : Exco PSSI Sebut Isu Pengurangan Slot Pemain Asing Tak Masuk Akal Yoyok Sukawi Exco PSSI Sekaligus CEO PSIS Semarang (Sumber gambar:@Bolasport.com)

Klub Liga 1 Bisa Bernapas Lega, PSSI Pastikan Kuota Pemain Asing Tetap Sama

Liga123 - Kabar penggurangan pemakaian jasa legiun asing di Liga 1 akhir-akhir ini ramai diperbincangkan.

Di media sosial beberapa minggu ini mencuat kabar penggurangan penggunaan legiun asing di Liga 1 karena dinilai memberatkan klub untuk belanja pemain.

Lagi-lagi alasan pandemi Covid19 jadi kambing hitam yang dinilai memberatkan klub Liga 1 untuk mengeluarkan anggaran di tengah keterbatasan yang ada.

Sehingga pengurangan legiun asing dinilai sebagai solusi terbaik.

Padahal sejak Liga 1 2017, aturan penggunaan jasa legiun asing sudah ditetapkan dengan 3+1 atau disebut dengan tiga legiun asing dari berbagai negara dan satu dari Asia.

Tetapi, akhir-akhir ini diberitakan bahwa perubahan terjadi dengan menjadikan aturan baru yakni dua pemain bebas dan satu dari Asia.

Menanggapi hal ini, anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Yoyok Sukawi mengatakan bahwa itu tersebut tak berdasar.

Menurutnya, kabar tersebut tidak benar karena selama rapat Exco PSSI, Senin, 3 Mei 2021 itu hanya ada usulan dari salah satu anggota.

"Kalau terkait legiun asing itu hoax. Jadi kalau legiun asing itu hanya pembahasan-pembahasan biasa saja selama rapat Exco," ujar Yoyok Sukawi kepada BolaSport.com, Kamis (6/5/2021).

"Memang ada usulan karena pandemi ini. Jadi ada yang mengusulkan bagaimana kalau legiun asingnya dikurangi saja?," tuturnya.

Tetapi usulan tersebut pun langsung dijawab oleh para anggota Exco lainnya, bahwa hal itu tak bisa dilakukan.

Yoyok Sukawi menjelaskan alasannya kenapa penggurangan penggunaan jasa legiun asing tidak bisa dilakukan.

Menurutnya hal itu tak masuk akal karena bagi klub yang akan berpartisipasi di Piala AFC 2021 seperti Bali United dan Persipura Jayapura akan memanfaatkan legiun asing mereka.

Sebab dalam aturan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) juga sudah dipastikan dan diputuskan penggunaan maksimal legiun asing sebanyak empat pemain.

Sehingga akan tidak masuk akal apabila penggunaan legiun asing dikurangi.

Hal itu hanya akan membuat klub merasa dirugikan karena banyak tim yang sudah mendatangkan empat legiun asing sekaligus.

"Itu sudah dijawab kalau itu tidak mungkin karena untuk AFC kan empat legiun asing," ujar pria yang juga menjabat sebagai CEO PSIS Semarang tersebut.

"Jadi kasihan nanti kalau yang untuk AFC nanti akan ada yang nganggur. Sudah selesai begitu saja, tetapi kok diluar sudah pada geger," ujarnya.

Yoyok juga menegaskan agar para pecinta Sepakbola tak ikut terombang ambik oleh rumor yang tak berdasar.

Menurutnya itu hanya menimbulkan spekulasi saja, karena PSSI telah memastikan bahwa tak akan ada pengurangan kuota legiun asing.

"Tidak ada wacana itu, jadi bisa dipastikan bahwa regulasi soal legiun asing pun tetap sama," ungkapnya.


Share on: