Breaking News
Angka Covid-19 di Jateng Tinggi, Piala Walikota Solo Resmi Ditunda     Dapat Restu, Kiper Arema FC Selangkah Lagi Berkostum AHHA PS Pati FC     Shin Tae-yong : Jika Semua Bermain Seperti Asnawi, Sepak Bola Indonesia Akan Berubah     Kejutan, Persipura Tunjuk Putri Presiden Soekarno Jadi Ketua Dewan Pembina     AHHA PS Pati FC Kumpulkan Pemain Indisipliner Ini Komentar Atta Halilintar    
Deretan Pemain Muda yang Tampil Impresif Selama Gelaran Piala Menpora 2021
25 April 2021 | 17:16 WIB oleh Amirul Mukminin
SepakbolaNasional - @Skor.Id ± 2 bulan yang lalu
2 k   x
Share on:
(Deretan Pemain Muda yang Tampil Impresif Selama Gelaran Piala Menpora 2021) - @Skor.Id - Pemain muda Persebaya, Akbar Firmansyah (tengah), melepaskan tendangan berbuah gol ke gawang Putra Sinar Giri dalam dalam laga uji coba di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada 20 September 2020.
Keterangan gambar : Deretan Pemain Muda yang Tampil Impresif Selama Gelaran Piala Menpora 2021 Pemain muda Persebaya, Akbar Firmansyah (tengah), melepaskan tendangan berbuah gol ke gawang Putra Sinar Giri dalam dalam laga uji coba di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada 20 September 2020. (Sumber gambar:@Skor.Id)

5 Pemain Muda yang Bersinar di Piala Menpora 2021

Liga123 - Hampir di setiap kejuaraan atau turnamen kerap muncul bintang-bintang baru lapangan hijau dari pemain muda termasuk Piala Menpora 2021. 

Mereka yang sebelumnya tak diperhitungkan, nyatanya mampu mencuri perhatian dengan performa apik selama kejuaraan.

Pada turnamen yang digagas sebagai ajang pramusim bagi klub Liga 1 ini juga muncul banyak pemain muda, utamanya pemain usia di bawah 20 tahun yang kinerjanya cukup mengilap.

Menyeruaknya para wonderkid tersebut di Piala Menpora 2021 juga tak lepas dari keberanian tim mempercayakan tempat utama kepada pemain muda.

Persebaya Surabaya, Barito Putera, dan PSIS Semarang merupakan tiga tim yang paling berani. 

Mereka memberikan kesempatan bermain kepada para pemain muda dalam setiap pertandingan.

Meskipun menurunkan beberapa pemain muda minim jam terbang dalam starting line up, nyatanya klub tersebut tetap meraih pencapaian yang maksimal.

Persebaya, Barito Putera, dan PSIS berhasil lolos dari fase penyisihan grup turnamen.

Skor.id coba merangkum lima pemain muda potensial yang memperlihatkan permainan terbaik selama Piala Menpora 2021.

1. Saddam Emiruddin Gaffar (PS Sleman)

Tempaan keras Pelatih (juru taktik) Tim Nasional U-19 Indonesia Shin Tae-yong tampaknya sangat berefek pada perkembangan Saddam Gaffar sebagai salah satu penyerang masa depan Indonesia.

Dengan postur yang ideal sebagai pemain tipikal nomor sembilan ( penyerang tengah), Saddam memberikan angin segar bahwa Indonesia tak kekeringan penyerang lokal berkualitas.

Tinggal diberikan kesempatan bermain lebih banyak lagi, pemain kelahiran 24 September 2001 tersebut diyakini bakal mendobrak tradisi penyerang asing.

Pada Piala Menpora 2021 ini, Saddam memang hanya mengepak dua gol.

Kendati Demikian dua golnya tersebut dia cetak saat melawan tim besar Persib Bandung di semifinal. Saddam memainkan total 201 menit bermain di Piala Menpora ini.

"Saddam adalah salah satu pemain yang bekerja sangat keras dalam latihan, dan itu adalah hasil pekerjaannya," ujar Pelatih (juru taktik) PSS Dejan Antonic.

Statistik Saddam:

Posisi: Striker
Main: 4
Gol: 2
Tekel: 2
Clearance: 4
Shoot on Goal: 2
Total menit bermain: 201

2. Pratama Arhan Alif Rifai (PSIS)

Satu lagi pemain yang performanya menanjak sejak digenjot oleh Shin Tae-yong adalah Pratama Arhan Alif.

Pratama Arhan mulai dikenal sebagai salah satu pemain muda potensial sejak mengikuti Training Camp Indonesia U-19.

Arhan bahkan mampu menggeser posisi Muhammad Yudha Febrian dan Salman Alfarid yang kerap menjadi pilihan utama Pelatih (juru taktik) Tim Nasional U-18 Indonesia sebelumnya Fakhri Husaini.

Konsistensi Pratama Arhan ditunjukkan saat membela PSIS Semarang di Piala Menpora. Tidak hanya piawai dalam bertahan, sebagai wingback kiri, Arhan cukup produktif.

Dia sukses mencetak dua gol dengan sumbangan satu assist. Arhan selalu dipercaya tampil 90 menit pada empat laga PSIS di Piala Menpora dengan total menit bermain 360.

Statistik Pratama Arhan

Posisi: Wingback
Main: 4
Gol: 2
Assist: 1
Intersep: 29
Tekel: 7
Clearance: 2
Dribel: 1
Shoot on Goal: 2
Total menit bermain: 360

3. Alfriyanto Nico Saputro (Persija Jakarta)

Persija Jakarta juga menjadi tim yang tengah konsen menyiapkan skuad masa depan dengan mempromosikan pemain muda dari tim junior.

Dari beberapa pemain muda yang dibawa Pelatih (juru taktik) Sudirman, praktis hanya Alfriyanto Nico yang mendapat menit bermain lebih dari cukup untuk ukuran pemain 18 tahun.

Fleksibilitas posisi Nico menjadi nilai lebih pemain asal Solo tersebut. Nico yang juga sempat mencicipi TC Indonesia U-19 dan tergabung dalam program Garuda Select.

Alfriyanto Nico juga bisa dimainkan di beberapa posisi berbeda. Nico sebenarnya berposisi sebagai penyerang.

Kendati Demikian, dia juga bisa dimainkan sebagai winger dan fullback yang sama baiknya.

Hingga jelang leg kedua final Piala Menpora, Nico sudah dimainkan sebanyak enam kali dengan tiga di antaranya sebagai starter.

Total menit bermain yang didapat Nico sejauh ini mencapai 244 menit sampai dengan leg pertama final Piala Menpora 2021.

Status Alfriyanto Nico Saputro
Posisi: Fullback & Sayap
Main 6
Intersep 9
Tekel 3
Clearance 3
Total menit bermain: 244 (final leg pertama)

4. Akbar Firmansyah (Persebaya Surabaya)

Pemain muda Persebaya Surabaya Akbar Firmansyah menjadi salah satu nama yang cukup mengejutkan di Piala Menpora 2021.

Akbar menjadi debutan di Piala Menpora 2021 yang performanya cukup menyita perhatian publik Sepakbola Tanah Air.

Berposisi sebagai winger, Akbar memiliki kecepatan dan visi bermain yang bagus meskipun minim jam terbang di level profesional.

Piala Menpora 2021 menjadi turnamen mayor pertama yang diikuti pemain kelahiran 1 Juni 2002 tersebut.

Sepanjang pagelaran Piala Menpora, Akbar diberikan kesempatan tampil pada lima pertandingan dengan tiga di antaranya sebagai starter.

Kendati tak mencetak gol, perannya dalam membantu penyerangan Bajul Ijo cukup kentara. Akbar melakukan dribel sukses dan shoot on target sebanyak masing-masing dua kali.

Kendati Demikian begitu, Akbar juga tak melupakan tugasnya untuk membantu pertahanan. Tercatat, dia sukses melakukan intersep sebanyak total 12 kali dan tekel bersih sembilan dengan total menit bermain 279.

Statistik Akbar Firmansyah

Posisi: Sayap
Main: 5
Intersep: 12
Tekel: 9
Dribel: 2
Shoot on Goal: 2
Shoot of Target: 1
Total menit bermain: 279

5. Alif Jaelani Ruslan (Barito Putera)

Alif Jaelani merupakan pemain muda potensial milik Barito Putera yang diorbitkan oleh Pelatih (juru taktik) Djajang Nurdjaman.

Potensi Alif Jaelani yang baru berusia 18 tahun sudah terendus Djanur saat Barito Putera melakoni beberapa kali Ujicoba /Training Match jelang tampil di Piala Menpora

Berposisi sebagai gelandang (Midfielder) serang, Alif Jaelani terbilang cukup produktif. Pada laga Ujicoba /Training Match, pemain kelahiran 5 Juli 2002 itu beberapa kali mampu mencetak gol.

Alif Jaelani juga turut mencetak gol saat berhasil mengalahkan Arema FC di Piala Menpora 2021 dengan skor 2-1.

Selain mencetak gol, Alif Jaelani juga turut membuat satu assist dari empat laga yang dia mainkan sepanjang Piala Menpora bergulir.

Kinerja Alif Jaelani juga sangat positif dari perannya sebagai gelandang (Midfielder) serang.

Alif Jaelani mencatat tiga kali dribel sukses dan tiga shoot mengarah ke gawang dan dua shoot of target.

Alif mendapatkan menit bermain sebanyak 355 menit dari eks Pelatih (juru taktik) Persib Bandung tersebut.

Statistik Alif Jaelani

Posisi: Gelandang
Main: 4
Gol: 1
Assist: 1
Intersep: 7
Dribel: 3
Shoot on Goal: 3
Shoot of Target: 2
Total menit bermain: 355


Share on: