Breaking News
Hengkang dari Timnas Indonesia, Eks Asisten Shin Tae-yong Resmi Gabung Klub K-League 2     Latihan Perdana Pasca Libur, 7 Pemain Persela Masih Absen     Bantu Korban Terdampak Covid-19, Mantan Pemain Espanyol Ini Lelang Sepatunya     Pelatih Asal Belanda Ini Ungkap Kesalahan Sepakbola Indonesia dan Malaysia     Cerita Diego Michiels Tinggalkan Belanda Demi Timnas Indonesia    
Nama "Bonek Persebaya" Mendarat di Mars
20 Februari 2021 | 11:50 WIB oleh Amirul Mukminin
SepakbolaNasional - @Skor.Id ± 5 bulan yang lalu
123   x
Share on:
(Nama "Bonek Persebaya" Mendarat di Mars) - @Skor.Id - Boarding Pass atas nama Bonek Persebaya yang ikut dalam misi penjelajahan NASA ke Mars.
Keterangan gambar : Nama "Bonek Persebaya" Mendarat di Mars Boarding Pass atas nama Bonek Persebaya yang ikut dalam misi penjelajahan NASA ke Mars. (Sumber gambar:@Skor.Id)

''Bonek Persebaya'' Sukses Mendarat di Mars Bareng NASA

Liga123 -  Robot Perseverance yang diluncurkan NASA ke Mars dan diikuti Bonek Persebaya telah mendarat pada Jum'at (19/2/2021).

NASA (National Aeronautics and Space Administration) meluncurkan robot perseverance ke Mars pada 30 Juli 2020.

Setelah 203 hari perjalanan dan menempuh 293 juta kilometer, robot tersebut akhirnya mendarat dengan sukses di Jezero Crater, Mars.

Detik-detik mendaratnya mobil penjelajah yang dikirim ke Mars diunggah NASA dalam laman resminya.

"Pendaratan ini adalah momen bersejarah bagi NASA, Amerika Serikat, dan dunia penjelajahan antariksa," ujar Administrator NASA, Steve Jurczyk.

"Kami sedang dalam tahap memperbarui ilmu pengetahuan dan memperbarui buku pelajaran," dia menambahkan.

Misi menerbangkan robot perseverance ke Mars ini, kata Jurczyk, adalah untuk meneliti lebih lanjut soal "Planet Merah".

Dilain sisi, untuk mencari tahu apakah planet Mars ideal untuk ditinggali manusia pada masa yang akan datang.

Salah satu "penumpang" yang ada dalam misi luar angkasa tersebut adalah "Bonek Persebaya".

Nama Bonek Persebaya didaftarkan oleh Yudhiakto Pramudya, Bonek Arek Margorukun, dalam program "Send Your Name to Mars".

Program tersebut mengundang orang-orang dari seluruh dunia untuk mengirimkan nama yang akan dibawa robot penjelajah ke Mars.

"NASA buka kesempatan untuk mendaftarkan nama. Iseng daftarkan nama komunitas Bonek Persebaya, tidak ada tujuannya. Tidak ada salahnya ikut bagian dari sejarah," ujar Yudhiakto, dikutip dari Portal Surabaya.

Lebih dari 10 juta orang mendaftarkan nama dalam program NASA ini. Nama-nama tersebut lantas diukir kecil-kecil menggunakan laser di badan robot penjelajah.

Yudhiakto yang juga Kepala Studi Astronomi Universitas Achmad Dahlan (UAD) Yogyakarta itu tak ingat pasti kapan ia mendaftarkan nama Bonek Persebaya. Yang pasti, Yudhiakto tak mengeluarkan biaya sepeser pun.

Anggota suporter Persebaya yang tergabung dalam Bonek Writer Forum (BWF) itu berharap kesuksesan Bonek Persebaya mendarat di Mars bisa memacu keingintahuan suporter akan luar angkasa dan astronomi.

Dengan begitu, lanjut Yudhiakto, suporter bisa turut berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

"Olahraga dan science bisa disatukan di langit yang sama. Sehingga suporter lebih peduli ke sains," ucap Yudhiakto.

"Ibarat kita menitip barang ke teman kita, ingin tahu apa sudah atau belum? Selamat atau tidak? Titipkan nama itu jadi orang ingin tahu, sudah sampai mana perjalanannya," ungkapnya.


Share on: