Breaking News
Tak Penuhi Regulasi, PSSI Berikan Dispensasi Khusus pada Persiraja     Pentolan Suporter Sriwijaya FC Masih Ragukan Bergulir nya Liga 1 dan 2     Saddil Ramdani Puasa Cetak Gol, Lini Depan Sabah FC jadi Sorotan     Skuad Persipura Belum Vaksin, PT LIB Buka Suara     Polri Tegaskan Belum Beri Izin Penyelenggaraan Liga 1 2021/2022    
Kapolri Sebut Piala Menpora Sebagai Ajang Uji Coba Untuk PSSI dan PT LIB
19 Februari 2021 | 09:56 WIB oleh Amirul Mukminin
SepakbolaNasional - @Bolalob.com ± 6 bulan yang lalu
130   x
Share on:
(Kapolri Sebut Piala Menpora Sebagai Ajang Uji Coba Untuk PSSI dan PT LIB) - @detik - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Keterangan gambar : Kapolri Sebut Piala Menpora Sebagai Ajang Uji Coba Untuk PSSI dan PT LIB Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Sumber gambar:@detik)

Dilarang Nobar, Siaran Pertandingan Piala Menpora 2021 Bakal Open Access

Liga123 - Penyelenggaraan Piala Menpora 2021 akan menjadi ujian bagi PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menerapkan protokol kesehatan ketat dalam kompetisi. Yang juga penting, menjaga tidak ada kerumunan suporter baik di sekitar stadion maupun yang mengadakan nonton bareng.

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, setelah bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudi Amali, memberikan izin keramaian untuk penyelenggaraan Piala Menpora 2021 lewat konferensi persi di Mabes Polri pada Kamis (18/2).

Andai saja Piala Menpora 2021 berjalan lancar dengan semua protokol kesehatan dipatuhi, maka Polri memastikan bahwa izin Liga 1 dan Liga 2 dapat secepatnya diterbitkan.

"Ini sekaligus jadi ujian apakah hal-hal yang sudah disampaikan saat memohon izin dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) itu dipatuhi tidak. Polri akan melihat itu kalau turnamen pramusim berhasil dengan baik tentu setelah Lebaran Idul Fitri akan ada kompetisi untuk 2021-2022," ujar Menpora.

Baik Menpora maupun Kapolri dalam keterangan pers menekankan kesehatan dan keselamatan masyarakat menjadi prioritas mengingat Indonesia berusaha menekan laju kasus positif COVID-19.

Beberapa saat sebelumnya, Menpora bersama PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengadakanpertemuan dengan para pemilik klub Liga 1 dan perwakilan dari berbagai kelompok suporter. Pesan utamanya adalah agar mendukung tim kesayangan merek masing-masing dari rumah tanpa berkumpul.

"Mereka menyampaikan komitmen tidak datang ke stadion, tidak mengadakan kerumunan keliling stadion, tidak nobar, nonton di rumah saja, nonton lewat tv, atau streaming."

"Saya minta kepada pihak PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk membuat open access penyiarannya. Siapa pun bisa nonton. Sekarang lewat handphone saja kan bisa nonton jadi tidak ada alasan untuk berkumpul, nobar, dan sebagainya," ujar Menpora.

Dari pertemuan itu pula, Menpora memberikan apresiasi terhadap suporter yang menyadari pentingnya menjaga social distancing dan memilih tidak mengadakannobar di masa pandemi COVID-19.

Ia juga mengingatkan agar membantu Piala Menpora 2021 berjalan lancar agar izin Liga 1 dan Liga 2 musim depan segera diberikan oleh Polri.

"Kita bisa lihat di media sosial yang diprakarsai grup-grup suporter itu sudah jalan tanpa kita minta. Berarti ktia lihat ada komitmen dari mereka dan tadi diulangi lagi saat pertemuan. Mereka menyampaikan akan jaga kepercayaan dari Polri. Karena itu nanti akan menentukan nasib kompetisi bisa jalan atau tidak," tegas Menpora.


Share on: