Breaking News
Presiden Madura United : Andai Pemerintah Tak Memberi Izin, Lebih Baik Liga 1 2021 Dibubarkan Saja     Terus Merugi, 5 Klub Liga 1 Desak PT LIB Untuk Segera Gulirkan Kompetisi     Dukung Tim Bulutangkis Indonesia, Eks Pemain Timnas Ini Pukul TV Pakai Raket     Pelatih Persela Ungkap Kelebihan Timnas di Era Shin Tae-yong     Pemain Keturunan Jawa-Belanda Meninggal, Real Madrid dan Ajax Amsterdam Ucapkan Pesan Belasungkawa    
Kamuflase Seleksi Timnas Ala Shin Tae-yong
20 Desember 2020 | 15:20 WIB oleh Amirul Mukminin
TimnasIndonesia - @Skor.Id ± 7 bulan yang lalu
6 k   x
Share on:
(Kamuflase Seleksi Timnas Ala Shin Tae-yong) - @Tempo.co - Shin Tae-yong Diduga lalukan Kamuflase pada seleksi Timnas
Keterangan gambar : Kamuflase Seleksi Timnas Ala Shin Tae-yong Shin Tae-yong Diduga lalukan Kamuflase pada seleksi Timnas (Sumber gambar:@Tempo.co)

Kamuflase SEA Games 2021 dan Akal-akalan Seleksi Tim Nasional Indonesia

Liga123 -   Tak ada angin tak ada hujan, tiba-tiba PSSI mengumumkan Training Camp Tim Nasional Indonesia untuk SEA Games 2021 di Vietnam. 

Ini mengejutkan, sebab SEA Games 2021 masih setahun lagi. Sebaliknya, Tim Nasional Indonesia yang akan tampil dalam Pra Piala Dunia 2022 malah diabaikan. 

Kendati Demikian, jika menilik nama-nama pemain yang dipanggil, sebenarnya Shin Tae-yong, Pelatih (juru taktik) Tim Nasional Indonesia, sedang menyeleksi pemain untuk Pra Piala Dunia 2022.

Itu terlihat dari usia pemain yang dipanggil. Dari 36 pemain yang diminta datang ke Jakarta, hanya 17 pemain yang usianya memenuhi syarat untuk SEA Games 2021. 

Untuk diketahui, sejak SEA Games 2019, batasan usia pemain adalah 22 tahun ditambah dua pemain senior. Maksudnya dua pemain di atas 22 tahun. 

Peraturan ini merevisi regulasi yang diterapkan sejak 2001, di mana setiap peserta SEA Games hanya boleh mendaftarkan pemain U-23 plus dua pemain senior. 

Adapun sejak SEA Games pertama kali digelar pada 1977 hingga 1999, tak ada batasan usia. Saat tanpa batasan usia inilah dua medali emas diraih Indonesia. 

Terkait pemanggilan Training Camp Tim Nasional Indonesia untuk SEA Games 2021, sepertinya hanya kamuflase atau strategi menyamarkan maksud utama Shin. 

Shin tak ingin menyakiti hati pemain-pemain senior jika menggunakan tajuk Training Camp Tim Nasional Indonesia untuk Pra Piala Dunia 2022. 

Normalnya, lanjutan Pra Piala Dunia 2022 akan berlangsung pada Maret 2021. Lawan Indonesia pada Maret 2021 adalah Thailand dan Uni Emirat Arab. 

Selanjutnya, pada Juni 2021, Tim Nasional Indonesia akan menghadapi Vietnam. Sebagai catatan, Tim Nasional Indonesia sudah tak punya peluang tampil di Piala Dunia 2022. 

Dari lima pertandingan yang dilakoni, Andritany Ardhiyasa dan kawan-kawan lima kali kalah atau tak sekalipun menang dan kebobolan 16 kali dengan melesakkan 3 gol.

Dari 19 pemain yang usianya sudah tak mungkin tampil dalam SEA Games 2021, kecuali untuk slot pemain senior, sembilan di antaranya baru kali ini dipanggil Shin. 

Salah satunya Andik Rendika Rama. Bek kiri Madura United yang sudah berusia 27 tahun, ini jadi pemain paling tua dalam daftar pemanggilan Tim Nasional U-23 Indonesia. 

Pemain kedua paling tua adalah Adam Alis Setyano, 26 tahun, yang sudah cukup lama tidak masuk daftar skuad Tim Nasional Indonesia dalam berbagai ajang resmi internasional. 

Dalam rilis nama-nama pemain Tim Nasional Indonesia untuk SEA Games 2021, PSSI sama sekali tak menyebut Tim Nasional kategori usia, melainkan dengan sebutan Tim Nasional Indonesia.

Dengan kata lain, ini adalah kesempatan bagi pemain-pemain yang usianya bukan untuk SEA Games itu agar memikat hati Shin dengan disiplin dan mentalitasnya.  

Normalnya, Shin mengutamakan pemain yang berdisilpin dan punya mentalitas. Tak hanya disiplin dan bermental baja saat bertanding, tetapi juga saat latihan. 

Andai saja pemain yang bersangkutan dianggap tidak memenuhi kualifikasinya untuk membela Tim Nasional Indonesia, niscaya kesempatan tampil di Pra Piala Dunia akan sirna. 

Menurut sumber terpercaya Skor.id di lingkungan PSSI, Shin baru akan memanggil pemain Tim Nasional Indonesia untuk Pra Piala Dunia 2022 pada Januari 2021. 

Itu pun jika program Training Camp Tim Nasional U-19 Indonesia di luar negeri, salah satunya di Spanyol, rampung atau setelah kembali ke Indonesia.  

Berikut ini adalah usia 36 pemain Tim Nasional Indonesia yang dipanggil untuk persiapan SEA Games 2021 di Vietnam sekaligus seleksi pemain Pra Piala Dunia 2022: 

Nadeo Argawinata (23 tahun)

Kadek Agung (22 tahun)

Sidik Saimima (23 tahun)

Miswar Saputra 24 tahun) 

Firza Andika (21 tahun)

Asnawi Mangkualam Bahar (21 tahun)

Yacob Sayuri (23 tahun)

Muhamad Riyandi (20 tahun)

Muchamad Aqil Savik (21 tahun)

Ryuji Utomo Prabowo (25 tahun)

Osvaldo Haay (23 tahun)

Evan Dimas Darmono (25 tahun)

Bagas Adi Nugroho (23 tahun)

Feby Eka Putra (21 tahun)

Hanif Sjahbandi (23 tahun)

Muhammad Rafli (22 tahun)

Rifad Marasabessy (21 tahun)

Andy Setyo (23 tahun)

Nurhidayat Haji Haris (21 tahun)

Adam Alis Setyano (26 tahun) 

Saddil Ramdani (21 tahun) 

Dendi Sulistyawan (24 tahun) 

Samuel Christianson S (21 tahun)

Syahrian Abimanyu (21 tahun)

Andik Rendika Rama (27 tahun)

David Rumakiek (21 tahun)

Todd Rivaldo Ferre (20 tahun) 

Rachmat Irianto (21 tahun)

M Hambali Talib (20 tahun)

Koko Ari Araya (20 tahun)

Fredyan Wahyu (22 tahun)

Tegar Infantri (21 tahun)

Egy Maulana Vikri (20 tahun)

Irkham Zahrul Mila (22 tahun)

Natanael Siringoringo (21 tahun)

Septian Satria Bagaskara (23 tahun)



Share on: