Breaking News
Cerita Diego Michiels Tinggalkan Belanda Demi Timnas Indonesia     Pilar Asing Persela Ungkap Perbedaan Liga Malaysia dan Liga Indonesia     Tim Rival Akan Gelar TC 5 Agustus, Timnas Indonesia Masih Tunggu PPKM     Greysia/Aprian Raih Medali Emas, Klub Liga 1 Kompak Ucapkan Selamat     Greysia Polli/Apriyani Rahayu Sumbang Emas Pertama untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020    
Exco PSSI Sebut Persipura Akan Jadi Wakil Indonesia di Piala AFC Bersama Bali United
20 Desember 2020 | 05:22 WIB oleh Amirul Mukminin
SepakbolaNasional - @Skor.Id ± 8 bulan yang lalu
846   x
Share on:
(Exco PSSI Sebut Persipura Akan Jadi Wakil Indonesia di Piala AFC Bersama Bali United) - @Bolasport.com - Persipura saat menjadi wakil indonesia di Piala AFC 2014
Keterangan gambar : Exco PSSI Sebut Persipura Akan Jadi Wakil Indonesia di Piala AFC Bersama Bali United Persipura saat menjadi wakil indonesia di Piala AFC 2014 (Sumber gambar:@Bolasport.com)

Exco PSSI: Persipura Akan Gantikan Persija di Piala AFC 2021

Liga123 - Pemilihan Persija Jakarta oleh PSSI sebagai wakil Indonesia untuk Piala AFC 2021 berujung polemik. Persipura Jayapura bahkan telah resmi memprotes.

Dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada 16 Desember 2020, Persija terpilih karena berstatus sebagai runner-up Piala Indonesia 2018-2019.

Kendati Demikian, dalam aturan Entry Manual for AFC Club Competition 2021 Edition, pada pasal 9.1 dijelaskan klub yang bisa tampil di Piala AFC harus memiliki memenuhi syarat.

Beberapa syaratnya yakni juara liga, juara turnamen (Piala Indonesia), peringkat kedua liga, peringkat ketiga liga, dan peringkat keempat liga.

Normalnya, peringkat kedua Liga 1 2019 adalah Persebaya. Masalahnya, Persebaya Surabaya tak memiliki lisensi AFC, yang berarti tak bisa tampil di Piala AFC 2021.

Selanjutnya peringkat ketiga, Persipura Jayapura, sudah memiliki lisensi AFC. Artinya, tim berjuluk Mutiara Hitam tersebut dipastikan bisa tampil dalam Piala AFC2021.

Liga 1 2019 dijuarai oleh Bali United. Tim berjuluk Serdadu Tridatu itu sudah sah sebagai wakil Indonesia dalam Piala AFC2021.

Kemungkinan besar, PSSI menarik keputusan terkait terpilihnya Persija yang akan tampil di Piala AFC dan Persipura akan menggantikan Macan Kemayoran.

"Sedangkan Persipura Jayapura memenuhi syarat, di bawahnya (peringkat 4 liga) ada Bhayangkara FC yang juga memenuhi syarat," ujar anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani.

Hal tersebut diutarakan Hasani saat berbincang dengan SKOR.id, Sabtu (19/12/2020) malam, terkait polemik yang saat ini berkembang.

"Persipura sudah memenuhi syarat. Nah, secara internal kami sudah dikasih tahu kalau nanti yang mewakili bukan lagi Persija, jadi Persipura sama Bali United," ucap Hasani.

"Tapi, itukan belum resmi. Kalau dari peraturan AFC seperti itu kemungkinan Persipura," Hasani Abdulgani menjelaskan.

Menurut Hasani, dalam beberapa hari ke depan kemungkinan PSSI akan mengumumkan pengganti Persija Jakarta untuk tampil dalam Piala AFC 2021.

"Mungkin satu atau dua hari ke depan akan ada pengumuman dari PSSI. Secara resminya mungkin (diumumkan) dari Plt Sekjen atau Ketua Umum," ujarnya.

Kesalahan Exco PSSI

Hasani mengakui kalau ada kesalahan dari Exco PSSI ketika berdiskusi untuk memilih satu wakil Indonesia selain Bali United.

Ia berbicara ketika memilih Persija, para Exco PSSI masih belum mengetahui secara rinci aturan kompetisi AFC, tepatnya pasal 9.1 tersebut.

"Kalau menurut artikel (pasal) 9 dari aturan AFC itu kan juara kompetisi yaitu Bali United, didampingi dengan juara Piala Indonesia, yaitu PSM Makassar," ungkap Hasani.

"Tapi, karena PSM tidak memenuhi syarat, jadi di rapat Exco diusulkan runner-up, tapi runner-up dari liga (Persebaya) juga tidak memenuhi syarat," ujarnya.

"Nah itu banyak peserta rapat Exco yang tidak mengetahui regulasi itu (Kompetisi AFC)," Hasani menjelaskan.

Dimana Sebelumnya, manajemen Persipura melayangkan surat protes kepada PSSI terkait kekeliruan pemilihan wakil Indonesia untuk Piala AFC tahun depan.

Jadi ketika nama Persija disuarakan, mayoritas dari kami (Exco) setuju," ucap Hasani dengan jujur tanpa menutup-nutupi kesalahan.

"Setelah kami lihat ada protes atau segala macam dan membaca dari peraturan AFC di kejuaraan seperti Piala Indonesia itu hanya tim juara saja," ujarnya.

"Berarti kan kalau tidak ada juara, karena PSM tidak lolos maka runner-up, kalau runner-up tidak lolos, maka kami pilih yang pilihan ketiga, yaitu Persipura," ujarnya.



Share on: