Breaking News
Terus Merugi, 5 Klub Liga 1 Desak PT LIB Untuk Segera Gulirkan Kompetisi     Dukung Tim Bulutangkis Indonesia, Eks Pemain Timnas Ini Pukul TV Pakai Raket     Pelatih Persela Ungkap Kelebihan Timnas di Era Shin Tae-yong     Pemain Keturunan Jawa-Belanda Meninggal, Real Madrid dan Ajax Amsterdam Ucapkan Pesan Belasungkawa     Kondisi Mental Para Pemain nya Terganggu, Ini yang Dilakukan Pelatih Persipura    
Deretan Pesepakbola Indonesia yang Sukses Jadi Youtuber
17 Desember 2020 | 09:50 WIB oleh Amirul Mukminin
SepakbolaNasional - @Bola.com ± 8 bulan yang lalu
251   x
Share on:
(Deretan Pesepakbola Indonesia yang Sukses Jadi Youtuber) - @Bola.com - Ilustrasi - Bambang Pamungkas, Hamka Hamzah, Marc Klok dan Logo Youtube
Keterangan gambar : Deretan Pesepakbola Indonesia yang Sukses Jadi Youtuber Ilustrasi - Bambang Pamungkas, Hamka Hamzah, Marc Klok dan Logo Youtube (Sumber gambar:@Bola.com)

6 Pesepak Bola Indonesia Nyambi Jadi Youtuber, Rajin Bikin Konten dan Banyak Subscriber

Liga123 - Tak hanya pemain sepakbola internasional, pemain Indonesia belakangan juga mulai 'nyambi' menjadi Youtuber. Fenomena unik ini mulai populer di Indonesia dalam dua tahun terakhir.

Para pemain sepakbola menjadikan Youtube sebagai media untuk lebih dekat dengan suporter dan penggemar. Contohnya adalah pemain sepakbola Indonesia yang gemar membuat konten seputar kegiatannya di dalam dan luar lapangan.

Aktivitas itu dilakukan ketika sedang memiliki waktu luang. Bahkan, mereka memproduksi konten secara profesional dan sudah memiliki tim penyunting sendiri.

Kegiatan menjadi Youtuber memang bisa menambah penghasilan di luar Sepakbola. Dengan status sebagai pemain sepakbola, mereka tidak kesulitan dalam mendapatkan subscribers.

Dilain sisi, konten menarik yang dibuat juga mengundang banyak viewers. Contohnya adalah melakukan pembicaraan seputar Sepakbola dan kegiatan di luar lapangan sesama pemain sepakbola.

Kendati Demikian, sisi negatifnya adalah para pemain sepakbola mulai alergi terhadap media massa. Andai saja ada sesuatu hal yang menjadi rumor, mereka lebih memilih memanfaatkan konten pribadi sebagai media klarifikasi.

Bola.com mencatat ada enam pemain sepakbola Indonesia yang aktif sebagai Youtuber. Mereka dikenal rajin membuat konten dan memiliki banyak subscribers. Siapa saja?

Marc Klok

Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok, mulai rajin membuat konten di Youtube sejak kompetisi Shopee Liga 1 ditunda. Padahal, Klok sudah memiliki channel Youtube sejak 21 Juli 2017.

Channel Marc Klok berisi kegiatannya di dalam dan luar lapangan. Belakangan, Marc Klok mulai merambah ke dunia perbincangan alias podcast.

Di antaranya adalah podcast bersama Irfan Bachdim hingga pemain Tim Nasional Belanda, Ryan Babel. Marc Klok sejauh ini sudah membuat 39 konten video dengan jumlah subscribers mencapai 21 ribuan.

Bambang Pamungkas

Legenda Persija Jakarta, Bambang Pamungkas, setelah pensiun ini dikenal rajin membuat konten di Youtube. Sejauh ini, channel Bambang Pamungkas yakni Bepe20 memiliki 61 ribuan subscribers.

Padahal, pemain yang akrab disapa Bepe itu baru membuat channel Youtube pada 11 Mei 2019. Konten yang dibuat juga baru berjumlah 29 video.

Konten yang dibuat Bepe mayoritas berisi kegiatan di luar Sepakbola. Contohnya adalah kuliner, perbincangan dengan pemain sepakbola, hingga cerita seputar karier dan kehidupannya.

Hanif Sjahbandi dan Rendy Juliansyah

Hanif Sjahbandi dan Rendy Juliansyah mulai serius membangun channel Youtube sejak 2 Mei 2020. Kendati Demikian, keduanya terbilang sukses dalam membangun channel karena jumlah subscribers mencapai 68 ribuan.

Channel bernama Hanif & Rendy Show ini sudah memiliki 94 video. Mayoritas kontennya berisi perbincangan dengan para pemain sepakbola.

Hanif dan Rendy gemar menggali pengalaman dari para pemain sepakbola. Mereka juga andal dalam menggali topik-topik sisi lain di dalam dan luar lapangan.

Atep

Atep juga dikenal rajin membuat konten di Youtube. Legenda Persib Bandung itu sejauh ini sudah memiliki 85 ribuan subscribers.

Channel bernama Atep TV itu sudah join ke Youtube sejak 16 Januari 2017. Sejauh ini, Atep TV sudah memproduksi 107 video dengan jumlah 12 jutaan viewers.

Dalam konten video yang dibuat Atep TV, tak sekadar berbicara tentang Sepakbola. Kendati Demikian, Atep gemar berbagi informasi unik seputar kegiatan di luar lapangan.

Hamka Hamzah

Bek Persita Tangerang, Hamka Hamzah, bisa dikatakan sebagai pemain sepakbola Indonesia dengan jumlah subscriber tertinggi di Indonesia. Sampai Rabu (16/12/2020), Hamka Hamzah melalui channel-nya Hamka Story 23 sudah memiliki 268 ribuan subscribers.

Jumlah yang sangat tinggi untuk channel Youtube yang dimulai pada 9 April 2018. Pencapaian itu didapat berkat rutinitas Hamka Hamzah dalam membuat konten.

Sejauh ini, Hamka Hamzah sudah membuat 217 konten dengan total viewers mencapai 21 jutaan. Mayoritas konten Hamka Hamzah adalah perbincangan dengan pemain-pemain Sepakbola Indonesia dan kegiatannya di luar lapangan.



Share on: