Breaking News
Meski PPKM Diperpanjang, Persebaya Tetap Kebut Latihan     Hengkang dari Timnas Indonesia, Eks Asisten Shin Tae-yong Resmi Gabung Klub K-League 2     Latihan Perdana Pasca Libur, 7 Pemain Persela Masih Absen     Bantu Korban Terdampak Covid-19, Mantan Pemain Espanyol Ini Lelang Sepatunya     Pelatih Asal Belanda Ini Ungkap Kesalahan Sepakbola Indonesia dan Malaysia    
Tak Hanya Ronaldo Kwateh, Bima Sakti Juga Pernah Panggil Pemain Keturunan Kanada
15 November 2020 | 05:38 WIB oleh Amirul Mukminin
TimnasIndonesia - @Bolasport.com ± 9 bulan yang lalu
263   x
Share on:
(Tak Hanya Ronaldo Kwateh, Bima Sakti Juga Pernah Panggil Pemain Keturunan Kanada) - @Bolasport.com - Bima sakti pelatih Timnas U-16
Keterangan gambar : Tak Hanya Ronaldo Kwateh, Bima Sakti Juga Pernah Panggil Pemain Keturunan Kanada Bima sakti pelatih Timnas U-16 (Sumber gambar:@Bolasport.com)

Ronaldo Kwateh Bukan Pemain Keturunan Indonesia Pertama yang Dipanggil Bima Sakti, Ada Striker Blasteran Kanada


Liga123 - Ternyata Ronaldo Kwateh bukan pemain keturunan Indonesia pertama yang dipanggil Bima Sakti ke TC Tim Nasional U-16 Indonesia. Ada pemain lain yang lebih dulu, namun tidak lolos seleksi.


Pemanggilan pemain keturunan Indonesia menjadi hal yang jarang dilakukan oleh Pelatih (juru taktik) Bima Sakti ke Skuad Tim Nasional U-16 Indonesia.


Mantan Asisten Pelatih (juru taktik) Luis Milla itu bahkan sempat berujar tidak akan menambah pemain keturunan Indonesia ke Skuadnya.


"Saya tidak panggil pemain keturunan," ujar Bima Sakti secara singkat saat dihubungi BolaSport.com sebelum berangkat ke Uni Emirat Arab untuk berujicoba pada pertengahan Oktober 2020.


Pada Jum'at (13/11/2020), PSSI merilis 26 Pemain untuk mengikuti Training Camp (TC) Tim Nasional U-16 Indonesia yang akan berlangsung pada 16 November hingga 29 November 2020 mendatang.


Dari ke-26 nama yang dipanggil, tersemat nama Roberto Joybera Kwateh yang berposisi sebagai striker.


Dengan rilis terbaru ini, Ronaldo Kwateh menjadi satu-satunya pemain keturunan Indonesia yang dipanggil Bima Sakti dalam Training Camp terbaru kali ini.


Maksud pernyataan Bima Sakti sebelumnya kemungkinan adalah tidak memanggil pemain keturunan yang berkarier di luar negeri.


Ronaldo Kwateh merupakan anak kandung dari Roberto Kwateh, eks pemain sepakbola asing asal Liberia yang lama berkiprah di Indonesia.


Sang ibu adalah Citra Kusumawati yang berasal dari Indonesia.


Ronaldo Kwateh berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) karena bersama ayah dan ibunya ia sudah tinggal di Indonesia sedari kecil.


Fakta terbaru ditemukan oleh BolaSport.com bahwa Bima Sakti ini bukan pertama kali ini memanggil pemain keturunan yang berkarier di Indonesia.


Dikutip BolaSport.com dari Tribun Timur, pada Januari 2020 Bima Sakti turut memanggil pemain bertipe menyerang dari akademi PSM Makassar bernama Victor Dethan.


Victor Dethan turut dipanggil untuk menjalani Training Camp Tim Nasional U-16 Indonesia di Sidoarjo pada 16-29 Januari 2020.


Kendati Demikian sayangnya Victor tidak lolos dalam pemanggilan Tim Nasional U-16 Indonesia berikutnya.


Victor Dethan diberitakan memiliki garis keturunan Kanada dari ibunya.


Pemain yang bisa dipasang di posisi gelandang serang dan penyerang ini membela PSM U-18 pada kompetisi Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 2019.


Sementara itu, Ronaldo Kwateh yang jadi pemain keturunan Indonesia satu-satunya di Skuad Tim Nasional U-16 Indonesia saat ini mengaku siap menjalani Training Camp di bawah komando Bima Sakti.


"Puji Tuhan, saya dalam keadaan sehat dan kondisi terjaga dengan baik," ujar Ronaldo dikutip BolaSport.com dari laman resmi Persib.


"Saya siap mengikuti Training Camp Tim Nasional Indonesia U-16 di Bogor nanti."


"Saya sangat bersemangat mengikuti Training Camp bersama Tim Nasional."


"Mudah-mudahan ini jadi modal bagus dari segi mental sehingga selama TC bisa berjalan lancar dan tidak mengecewakan," tambahnya.



Share on: