Breaking News
Kondisi Mental Para Pemain nya Terganggu, Ini yang Dilakukan Pelatih Persipura     AFC Berencana Lakukan Drawing Ulang Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, Ini Respon PSSI     Nostalgia Eks Kiper Sampdoria di Kandang 'Macam Putih'     Liga 1 Tak Kunjung Jelas, Kiper Borneo : Sepakbola Adalah Kehidupan Banyak Orang     Kompetisi Tak Kunjung Bergulir, Eks ketum PSSI Buka Suara    
Tak Mau Kalah dengan Garuda Select, Malaysia juga Bentuk Tim U-20 dan Berlaga di Liga Malaysia
13 Desember 2020 | 06:12 WIB oleh Amirul Mukminin
SepakbolaAsia - @Bolalob.com ± 8 bulan yang lalu
920   x
Share on:
(Tak Mau Kalah dengan Garuda Select, Malaysia juga Bentuk Tim U-20 dan Berlaga di Liga Malaysia) - @Bolalob.com - FAM luncurkan Proyek FAM-MSN.
Keterangan gambar : Tak Mau Kalah dengan Garuda Select, Malaysia juga Bentuk Tim U-20 dan Berlaga di Liga Malaysia FAM luncurkan Proyek FAM-MSN. (Sumber gambar:@Bolalob.com)

Tandingan Garuda Select, Malaysia Bentuk Tim Masa Depan

Liga123 - Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) dan Dewan Olahraga Nasional (MSN) bersinergi dalam pengembangan kembali program pembinaan bertajuk Skuad Proyek FAM-MSN. Proyek ini serupa dengan program Young Tiger yang sudah dihentikan sejak 2015.

Nantinya tim yang akan berisi pemain-pemain U-20 itu akan dikirim ke Liga Premier Malaysia atau kasta kedua Malaysia musim 2021. Proyek tersebut sebagai lanjutan dari Program Pengembangan Sepak Bola Nasional (PPBN), termasuk lulusan Akademi Mokhtar Dahari (AMD), guna memudahkan mereka untuk bertransisi ke panggung senior.

Pemain terpilih akan menjalani Pelatihan resmi di MSN, diberikan tunjangan, akomodasi dan makanan, dukungan medis, eksposur kompetisi domestik, eksposur internasional, serta kesempatan untuk melanjutkan studi mereka di universitas terpilih.

Sebagai permulaan, total 30 peserta Pelatihan di antara lulusan AMD, Piala Pemuda dan produk Piala Presiden serta Sekolah Olahraga Malaysia dan Negeri dan Pusat Pelatihan Distrik (PLD) di bawah NFDP akan membentuk skuad pilot mulai Januari ini.

Eks pemain nasional, Yusri Che Lah, ditunjuk untuk melatih tim yang menjadi tim ke-11 yang bermain di Premier League sebagai salah satu langkah untuk mengekspos mereka ke kompetisi kompetitif sepanjang musim.

Jalur Pemain atau jalur karier pemain penting dalam ekosistem perkembangan Sepakbola nasional. Calon pemain tentunya akan diidentifikasi terlebih dahulu oleh tim-tim di kompetisi liga lokal, tetapi untuk grup yang tumbuh lambat, mereka akan memiliki kesempatan kedua untuk memastikan mereka terpilih untuk bergabung dengan skuad proyek," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga, YB Dato 'Sri Reezal Merican Naina Merican seperti dikutip dari laman resmi FAM. 

Secara tidak langsung, program ini merupakan platform lanjutan bagi pengembangan pemain untuk memasuki level kompetitif di tingkat pemuda nasional, tuturnya lagi.

Meski skuad ini bukan Tim Nasional sungguhan, namun kelompok pemain unggulan ini diproyeksikan untuk tampil di SEA Games Vietnam 2021, babak kualifikasi AFC U-23 2022, Asian Games Hangzhou 2022, Kamboja SEA Games 2023, dan kualifikasi AFC U 23 2024 serta ajang-ajang di level AFF.

Sementara itu, Indonesia pun tengah menjalani program "masa depan" berlabel Garuda Select. Bedanya, program yang kini tengah memasuki musim ketiga itu tak terjun di kompetisi resmi, tapi menjalani rangkaian Ujicoba /Training Match di Inggris dan beberapa negara pendukung lainnya, seperti Italia dan Jerman.



Share on: