Breaking News
PT LIB : Seluruh Klub Telah Menyatakan Kesiapannya Liga 1 Bergulir 20 Agustus 2021     Satgas Covid-19 Siap Beri Sanksi Klub Liga 1 yang Langgar Prokes     Dipanggil Legenda, Eks Pemain Timnas Ini Akui Kurang Nyaman     Tak Dapat Izin Saddil Ramdani Batal Gabung Klub K League 1     Sambut HUT Tim Singo Edan Ke 34, Bos Arema FC Bagikan 1000 Paket Sembako    
Tak Seperti PSSI, Asprov Jatim Akan Pakai Titel Liga 3 2021 Untuk Kompetisi Musim Depan
11 November 2020 | 09:36 WIB oleh Amirul Mukminin
Liga3 - @Jawapos.com ± 9 bulan yang lalu
154   x
Share on:
(Tak Seperti PSSI, Asprov Jatim Akan Pakai Titel Liga 3 2021 Untuk Kompetisi Musim Depan) - @Jawapos.com - Logo Liga 3
Keterangan gambar : Tak Seperti PSSI, Asprov Jatim Akan Pakai Titel Liga 3 2021 Untuk Kompetisi Musim Depan Logo Liga 3 (Sumber gambar:@Jawapos.com)

Resmi Tiadakan Kompetisi Liga 3 2020


Liga123 - Keputusan Asprov PSSI Jawa Timur (Jatim) untuk meniadakan kompetisi Liga 3 tahun ini sangat tepat. Selain segalanya bisa dipersiapkan dengan lebih baik, Liga 3 Jatim juga dapat dijalankan seiring dengan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 tahun depan. Sebab, Liga 3 Jatim direncanakan berlangsung pada Maret 2021.


Itulah yang dijelaskan Sekretaris Asprov PSSI Jatim Amir Burhannudin. Dia menyatakan, sebelum PSSI ataupun PT Liga Indonesia Baru (LIB) memberi keputusan kompetisi dihelat pada Februari tahun depan, pihaknya punya jadwal.


’Jauh sebelum PSSI memberi keputusan, Asprov PSSI Jawa Timur membuat keputusan. Kami mulai awal tahun depan. Tepatnya pada Maret. Itu semua sudah terstruktur,’’ paparnya.


Menurut Amir, sejauh ini persiapannya cukup baik. Dia yakin, pada Maret tahun depan, tidak ada lagi masalah. Artinya, Liga 3 Jatim sudah bisa diputar lagi. ’’Karena sudah tidak ada masalah politik, yang kedua pasti protokol kesehatan yang dipakai new normal. Karena kan segala aktivitas saat ini harus mulai digerakkan,’’ ujarnya.


Amir mengungkapkan, yang paling menarik dari penyelenggaraan Liga 3 Jatim adalah terkait dengan titel. Mereka tidak akan ikut PSSI ataupun PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang menggunakan titel musim 2020–2021. Asporv PSSI Jatim memakai titel Liga 3 Jawa Timur 2021.


Kenapa demikian? Pria yang juga berprofesi pengacara itu menyebut tim-tim di Liga 3 Jatim adalah amatir. Mayoritas klub masih mengandalkan sumber dana negara alias APBD. ’’Kalau titel tidak jelas tahunnya, mereka pasti bakal mengalami kesulitan. Seharusnya PSSI juga memikirkan hal itu,’’ tuturnya.


Andai saja nanti PSSI tetap menyebut Liga 3 musim depan adalah musim 2020–2021, pihaknya tidak mau ambil pusing. Yang jelas, Asprov PSSI Jatim tetap akan menggunakan titel kompetisi musim 2021.


’’Terserah nanti juaranya disebut Liga 3 tahun apa. Yang jelas, Asprov PSSI Jawa Timur tetap menyebut 2021,’’ tegasnya.


Dilain sisi, Asprov PSSI Jatim saat ini disibukkan persiapan mengadakan turnamen. Turnamen prakompetisi bakal diikuti klub-klub Liga 1. ’’Itu rencana ya. Kami sedang menjajaki berbagai pihak. Salah satunya adalah aparat keamanan, satgas penanganan Covid19, sponsorship, dan calon peserta,’’ katanya.


Turnamen itu diwacanakan berlangsung pada Januari tahun depan. Tepat sebelum kompetisi Liga 1 akan diputar pada Februari 2021. ’’Kendati Demikian, sekali lagi ini rencana masih mentah. Bukan berarti tidak ada pergerakan. Untuk title, nanti bisa Piala Gubernur, Jatim Cup, atau apa. Ini masih dalam proses konsolidasi ke sana,’’ tandasnya.



Share on: