Breaking News
Presiden Madura United : Andai Pemerintah Tak Memberi Izin, Lebih Baik Liga 1 2021 Dibubarkan Saja     Terus Merugi, 5 Klub Liga 1 Desak PT LIB Untuk Segera Gulirkan Kompetisi     Dukung Tim Bulutangkis Indonesia, Eks Pemain Timnas Ini Pukul TV Pakai Raket     Pelatih Persela Ungkap Kelebihan Timnas di Era Shin Tae-yong     Pemain Keturunan Jawa-Belanda Meninggal, Real Madrid dan Ajax Amsterdam Ucapkan Pesan Belasungkawa    
Pasang Target Lolos Piala Dunia U-17, Timnas U-16 Terapkan Sports Science
09 Desember 2020 | 07:57 WIB oleh Amirul Mukminin
TimnasIndonesia - @Bolasport.com ± 8 bulan yang lalu
212   x
Share on:
(Pasang Target Lolos Piala Dunia U-17, Timnas U-16 Terapkan Sports Science) - @Bolasport.com - Timnas U-16 Saat menjalani TC di jakarta
Keterangan gambar : Pasang Target Lolos Piala Dunia U-17, Timnas U-16 Terapkan Sports Science Timnas U-16 Saat menjalani TC di jakarta (Sumber gambar:@Bolasport.com)

Tim Nasional U-16 Indonesia Dapat Bantuan Alat Canggih dari Australia

Liga123 - Tim Nasional U-16 Indonesia saat ini tengah melaksanakan training camp (TC) di Yogyakarta guna melakukan persiapan Piala Asia U-16.

Dalam persiapan Tim Nasional U-16 Indonesia kali ini adalah hal yang cukup menarik untuk di bahas, yakni soal sports science yang diterapkan untuk para pemain.

Dalam hal itu, Pelatih (juru taktik) Tim Nasional U-16 Indonesia, Bima Sakti mengatakan bahwa sport science diterapkan untuk mengetahui kondisi fisik pemain.

Memang salah satu yang diterapkan pada sports science kali ini adalah tes fisik dari pemain.

Dengan tes ini saya dan tim Pelatih (juru taktik) jadi mengetahui sejauh mana kondisi fisik pemain, dan saya harapkan nanti hasilnya semua baik, pemain melakukannya dengan tertib, dan semua pemain turut ikut menjalani test fisik ini, ucapnya seperti dikutip Bolasport.com dari laman resmi PSSI, Selasa (8/12/2020).

Dilain sisi, Bima Sakti juga menyebutkan setidaknya ada empat tes yang dilakukan oleh anak asuhnya.

Tes tersebut juga tentunya dilakukan dengan alat bantu kecanggihan teknologi untuk sports science.

Keempat tes tersebut adalah tes komposisi tubuh (persentase lemak tubuh, massa otot, dll), tes kekuatan eksentrik otot hamstring (nordbord test), tes power + vertical jump dengan force plate, tes kekuatan otot isometric hip abductor-adductor dengan force frame, 3D Movement analysis dengan humantrack system.

Dengan tes dan kecanggihan teknoologi yang ada, nyatanya dapat memudahkan tim dokter dan Pelatih (juru taktik) untuk membuat program pencegahan cedera.

Sehingga nantinya bisa mempermudah fisioterapis dan Pelatih (juru taktik) fisik untuk membuat program pencegahan cedera serta peningkatan kemampuan dari si pemain itu sendiri,jelasnya.

Tentu saja kegiatan tersebut hasil dari kerja sama PSSI dengan beberapa pihak

Untuk itu Bima Sakti tak lupa menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak yang tekah membantu timnya saat ini.

Bahkan dalam kegiatan tersebut PSSI dibantu okeh salah satu tim dari Australia, yakni VALD PERFORMANCE.

"Terima kasih kepada PSSI, KINETICX, dan VALD PERFORMANCE dimana mereka sudah membantu tim kami, tandasnya.

TC Tim Nasional U-16 Indonesia telah dilaksanakan sejak 6 Desember lalu dan akan berakhir pada 23 Desember 2020.

Diharapkan dengan dilakukannya TC tersebut dapat membantu mengembangkan para talenta muda yang ada di Tim Nasional U-16 Indonesia saat ini.

Terlebih Indonesia merupakan satu-satunya negara dari Asia Tenggara yang ambil andil salam Piala Asia U-16.

Direncanakan Piala Asia U-16 akan berlangsung pada awal tahun 2021 di Bahrain.Bila berhasil masuk 4 besar Tim Nasional U-16 akan otomatis lolos piala dunia U-17.



Share on: