Breaking News
Terus Merugi, 5 Klub Liga 1 Desak PT LIB Untuk Segera Gulirkan Kompetisi     Dukung Tim Bulutangkis Indonesia, Eks Pemain Timnas Ini Pukul TV Pakai Raket     Pelatih Persela Ungkap Kelebihan Timnas di Era Shin Tae-yong     Pemain Keturunan Jawa-Belanda Meninggal, Real Madrid dan Ajax Amsterdam Ucapkan Pesan Belasungkawa     Kondisi Mental Para Pemain nya Terganggu, Ini yang Dilakukan Pelatih Persipura    
Lakukan Langkah Cepat, PT LIB Kirim Video Simulasi Pertandingan Pada Kapolri
09 Februari 2021 | 06:53 WIB oleh Amirul Mukminin
Liga1 - @Bolanas.com ± 6 bulan yang lalu
126   x
Share on:
(Lakukan Langkah Cepat, PT LIB Kirim Video Simulasi Pertandingan Pada Kapolri) - @Bolanas.com - Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita
Keterangan gambar : Lakukan Langkah Cepat, PT LIB Kirim Video Simulasi Pertandingan Pada Kapolri Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita (Sumber gambar:@Bolanas.com)

Kapolri Buka Peluang Izinkan Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (LIB) Siapkan Video Simulasi Pertandingan

Liga123 - PT Liga Indonesia Baru (LIB) segera mengirim video simulasi pertandingan Liga 1 kepada Kapolri untuk dikaji ulang.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) mulai mendapatkan lampu hijau dari pihak Kepolisian untuk mempersiapkan Liga 1 2021.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, menyatakan pihaknya segera menyerahkan video simulasi pertandingan Liga 1 2021.

Video tersebut sebagai salah satu dokumen untuk pengajuan izin kepada pihak kepolisian.

"Video itu untuk melengkapi dokumen protokol kesehatan," ujar Akhmad Hadian dikutip dari Antara News.

"Jadi biar lebih jelas, seperti ini lho protokol kesehatannya," tambah Hadian.

Simulasi pertandingan dilakukan di markas Bhayangkara FC, Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta, Minggu (7/2/2021).

Selain sebagai syarat perizinan, lewat simulasi ini PT Liga Indonesia Baru (LIB) juga bisa menguji kesiapan seluruh perangkat dan ofisial dalam melaksanakan kompetisi.

Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno, menyebut bahwa simulasi protokol kesehatan mencakup seluruh aktivitas pertandingan hingga selesai.

Termasuk pengadaan tes Covid19 sebelum tim menjalani pertandingan.

"Simulasi ini mulai dari bagaimana pemain melakukan swab antigen di hotel, lalu perjalanan di bus, ruang ganti, dan saat pertandingan," ungkap Sudjarno.

Ia menegaskan bahwa seluruh protokol kesehatan sudah sesuai dengan petunjuk FIFA, AFC, dan pemerintah Indonesia.

Tak hanya pihak kepolisian, seluruh klub juga akan mendapatkan video tersebut.

"Memang tidak bisa dipungkiri karakteristik setiap stadion pasti berbeda-beda. Kendati Demikian, paling tidak, tayangan simulasi protokol kesehatan ini dapat dijadikan rujukan dan acuan bagi klub-klub saat mereka mengadakanpertandingan di kandang masing-masing," ucap Sudjarno.

"Insya Allah, mudah-mudahan dalam beberapa minggu ke depan video ini sudah bisa tayangkan dan diberikan ke klub-klub," tambahnya.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan sinyal terkait izin Liga 1 2021.

"Dari kepolisian membuka ruang untuk dibicarakan lebih lanjut terkait dengan hal-hal yang perlu disiapkan baik yang bersifat administrasi mengutamakan penegakan aturan terkait dengan protokol kesehatan."

"Kendati Demikian demikian juga kegiatan yang terkait dengan kepemudaan dan olahraga bisa dilaksanakan," ujar Sigit Prabowo dalam pertemuan dengan Menpora, Senin (8/2/2021).

Sigit menyatakan nantinya perlu ada kesepakatan dari pihak pelaksana untuk berkomitmen melaksanakan kegiatan olahraga sesuai dengan aturan.

"Perlu ada kesepakatan-kesepakatan yang apabila itu dilanggar akan berdampak kepada terlaksananya kegiatan tersebut."

"Ini yang nanti tentunya akan dibicarakan secara detail dan intensif sehingga yang pertama bagaimana pemerintah betul-betul bisa melaksanakan program menurunkan laju pertumbuhan Covid ini bisa berhasil sehingga aktivitas dan pertumbuhan ekonomi cepat pulih," ungkap Sigit.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) menargetkan Liga 1 dan Liga 2 musim 2021 bisa dimulai selepas lebaran, sekitar Mei atau Juni.

Semua persiapan sudah dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB), tinggal menunggu izin dari Polri supaya bisa berjalan.

Normalnya, seluruh kompetisi Liga Indonesia musim 2020 telah dibatalkan menyusul peningkatan kasus Covid19.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selama lebih kurang sembilan bulan tak jua mendapat izin dari Polri untuk melanjutkan kompetisi musim 2020.

Walhasil diputuskan seluruh kompetisi musim 2020 dibatalkan tanpa ada degradasi maupun promosi.

Sedangkan musim 2021, PSSI rencananya tetap akan memasang aturan promosi dan degradasi sesuai aturan dari FIFA dan AFC.


Share on: