Breaking News
Cerita Diego Michiels Tinggalkan Belanda Demi Timnas Indonesia     Pilar Asing Persela Ungkap Perbedaan Liga Malaysia dan Liga Indonesia     Tim Rival Akan Gelar TC 5 Agustus, Timnas Indonesia Masih Tunggu PPKM     Greysia/Aprian Raih Medali Emas, Klub Liga 1 Kompak Ucapkan Selamat     Greysia Polli/Apriyani Rahayu Sumbang Emas Pertama untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020    
Gabung Ansan Greeners, Asnawi Ingin Buktikan Bahwa Pemain Indonesia Juga Bisa Bersaing di Asia
07 Februari 2021 | 08:56 WIB oleh Amirul Mukminin
SepakbolaAsia - @Skor.Id ± 6 bulan yang lalu
198   x
Share on:
(Gabung Ansan Greeners, Asnawi Ingin Buktikan Bahwa Pemain Indonesia Juga Bisa Bersaing di Asia) - @Skor.Id - Asanwi Mangkualam saat masih membela PSM Makassar
Keterangan gambar : Gabung Ansan Greeners, Asnawi Ingin Buktikan Bahwa Pemain Indonesia Juga Bisa Bersaing di Asia Asanwi Mangkualam saat masih membela PSM Makassar (Sumber gambar:@Skor.Id)

Asnawi Mangkualam Siap Jawab Tantangan Pihak yang Remehkan Pesepak Bola Indonesia

Liga123 - Mantan bek PSM Makassar, Asnawi Mangkualam, bertekad untuk membuktikan kemampuannya di kompetisi Sepakbola Korea Selatan.

Asnawi Mangkualam sudah resmi bergabung dengan klub kasta kedua Liga Korea Selatan, Ansan Greeners, meski belum diperkenalkan klubnya.

Asnawi Mangkualam yang masih berusia 21 tahun membawa motivasi besar pada perjalanan ke Korea Selatan, untuk melanjutkan karier di Ansan Greeners.

Asnawi Mangkualam ingin berprestasi di K-League 2 bersama Ansan Greeners, untuk membuka mata publik bahwa Indonesia memiliki banyak talenta yang mumpuni.

Andai saja hal itu bisa terwujud, ia yakin dapat membuka jalan bagi rekan-rekannya yang lain yang ingin berkarier di luar negeri, utamanya Korea Selatan seperti dirinya.

"Salah satu motivasi saya ialah saya harus berprestasi di Liga Korea Selatan," ujar Asnawi, dalam sesi wawancara virtual bersama PSSI Pers, Sabtu (6/2/2021).

"Karena, jika saya mampu membuktikan diri, maka jalan teman-teman di Indonesia untuk berkarier di luar negeri, khususnya di Asia, bisa lebih mudah," ia melanjutkan.

Menurut bek yang juga bisa main sebagai gelandang (Midfielder) bertahan itu, saat ini kemampuan pemain sepakbola asal Indonesia memang dianggap remeh di mata dunia.

Hal itu menghambat jalan para pemain Indonesia untuk mulai menapaki karier bersama klub luar negeri, khususnya di negara besar Asia seperti Jepang dan Korea Selatan.

"Karena memang saat ini, pemain-pemain Indonesia sangat kesulitan untuk bermain di luar negeri," ucap Asnawi Mangkualam.

"Kita tak bisa memungkiri bahwa pemain-pemain Indonesia sangat diremehkan di luar negeri, khususnya di negara-negara seperti Korea Selatan atau Jepang," ia melanjutkan.

Dengan demikian, apabila kiprah Asnawi mampu mencuri perhatian dunia, ia merasa yakin kemampuan pemain asal Indonesia akan mulai diperhitungkan.

Saat ini Asnawi sudah berada di Negeri Ginseng. Kendati Demikian, ia belum bisa diperkenalkan secara resmi oleh klub yang bermarkas di Ansan Wa Stadium tersebut.

Sebab, Asnawi harus menjalani masa karantina mandiri selama 14 hari, dan hingga hari ini baru empat hari dirasakan, sehinga masih ada 10 hari tersisa.


Share on: