Breaking News
Presiden Madura United : Andai Pemerintah Tak Memberi Izin, Lebih Baik Liga 1 2021 Dibubarkan Saja     Terus Merugi, 5 Klub Liga 1 Desak PT LIB Untuk Segera Gulirkan Kompetisi     Dukung Tim Bulutangkis Indonesia, Eks Pemain Timnas Ini Pukul TV Pakai Raket     Pelatih Persela Ungkap Kelebihan Timnas di Era Shin Tae-yong     Pemain Keturunan Jawa-Belanda Meninggal, Real Madrid dan Ajax Amsterdam Ucapkan Pesan Belasungkawa    
Perjalanan Karir Erwin Ramdani Jadi TNI Hingga Tembus Persib
06 Desember 2020 | 09:32 WIB oleh Amirul Mukminin
SepakbolaNasional - @Bola.com ± 8 bulan yang lalu
384   x
Share on:
(Perjalanan Karir Erwin Ramdani Jadi TNI Hingga Tembus Persib) - @Bola.com - Gelandang Persib Bandung, Erwin Ramdani, bersama keluarga.
Keterangan gambar : Perjalanan Karir Erwin Ramdani Jadi TNI Hingga Tembus Persib Gelandang Persib Bandung, Erwin Ramdani, bersama keluarga. (Sumber gambar:@Bola.com)

Cerita Awal Karier Erwin Ramdani, Tidak Punya Uang untuk Masuk SSB dan Harus Jual Tanah

Liga123 - Untuk mayoritas pemain Sepakbola yang lahir di kota Bandung, pasti punya impian memperkuat Persib Bandung. Hal ini bisa direalisasikan seorang Erwin Ramdani.

Setelah malang melintang di PSFC Ciamis, PSMS Medan sampai PS TNI, Erwin Ramdani akhirnya gabung Persib Bandung pada tahun 2019.

Kendati Demikian siapa sangka, sang pemain butuh perjuangan berliku nan panjang untuk sampai akhirnya memperkuat Persib. Utamanya ketika mengawali karier. Untuk sekadar masuk SSB saja, keluarga Erwin Ramdani sampai harus menjual tanah.

"Ya, memang keluarga saya ada keterbatasan (ekonomi). Saat itu, SSB UNI Bandung sampai kasih diskon buat saya. Singkat ceritanya, akhirnya saya masuk SSB UNI," ujar Erwin Ramdani melaluio channel YouTube Persib Bandung.

"Pengorbanan saya ngobrol dulu sama uwa. Dulu uwa punya rejeki lebih ketimbang saya. Jual tanah punya keluarga agar saya bisa masuk SSB UNI. Karena saya butuh uang masuk, buat perlengkapan," tambahnya.

Perjuangan seorang Erwin Ramdani tak berhenti sampai di situ. Dia mengaku tak pernah pulang dulu ke rumah jika ingin berlatih di SSB. Alhasil dari sekolah, ia langsung berangkat berlatih Sepakbola dengan menggunakan sepeda.

"Kali pertama masuk SSB, perjuangan bisa dibilang di atas normal. Pulang sekolah tidak langsung ke rumah. Saya istirahat biasanya tidur di kantin," ucap pria yang juga anggota TNI itu.

"Saya kan naik sepeda ya. Dulu kalau sampai sekolah, ya sudah keringatan. Tapi sama sekali tidak ada gengsi dari saya," lanjutnya.

Perjuangan Terbalas

Kini perjuangan Erwin Ramdani sejak kecil terbayar lunas. Pemain berusia 27 tahun itu tak hanya menjadi pemain Sepakbola profesional, tapi kini bisa memperkuat Persib Bandung.

"Dari kecil, saya punya keyakinan bisa jadi pemain Sepakbola profesional. Khususnya jadi pemain Persib. Orang tua pernah mulai khawatir ketika saya mulai masuk usia untuk bekerja," Erwin Ramdani mengungkapkan.

"Tapi saya punya hati kecil, saya bakal jadi pemain Sepakbola. Ini keyakinan saya," lanjutnya.



Share on: