Breaking News
Meski PPKM Diperpanjang, Persebaya Tetap Kebut Latihan     Hengkang dari Timnas Indonesia, Eks Asisten Shin Tae-yong Resmi Gabung Klub K-League 2     Latihan Perdana Pasca Libur, 7 Pemain Persela Masih Absen     Bantu Korban Terdampak Covid-19, Mantan Pemain Espanyol Ini Lelang Sepatunya     Pelatih Asal Belanda Ini Ungkap Kesalahan Sepakbola Indonesia dan Malaysia    
Mantan Kapten Persik Kediri Ini Sebut Sepak Bola Indonesia 10 Tahun Lalu Lebih Baik
06 Desember 2020 | 16:13 WIB oleh Amirul Mukminin
SepakbolaNasional - @Indosport.com ± 8 bulan yang lalu
272   x
Share on:
(Mantan Kapten Persik Kediri Ini Sebut Sepak Bola Indonesia 10 Tahun Lalu Lebih Baik) - @Indosport.com - Harianto kala bermain di Ekshibisi NZR
Keterangan gambar : Mantan Kapten Persik Kediri Ini Sebut Sepak Bola Indonesia 10 Tahun Lalu Lebih Baik Harianto kala bermain di Ekshibisi NZR (Sumber gambar:@Indosport.com)

Di Mata Legenda Ini, Sepak Bola Indonesia Tertinggal Jauh Dibanding 1 Dekade Lalu

Liga123 - Bicara persaingan di level Asia, Harianto menilai perkembangan Sepakbola Indonesia saat ini tertinggal cukup jauh dibandingkan satu atau bahkan dua dekade yang lalu.

Ketertinggalan itu mencakup pada sejumlah aspek penting. Tak hanya kualitas permainan, Sepakbola nasional juga terpaut cukup jauh dalam hal prestasi baik kompetisi maupun Tim Nasional.

"Tidak ada perubahan yang cukup signifikan. Bahkan levelnya terlalu jauh di China, Jepang mungkin," ujar Harianto kepada INDOSPORT.

"Dari segi pengelolaan, masih sama. Kalau menengok ke belakang, ketinggalannya cukup jauh dengan Thailand," sambung dia.

Pengamatan kapten legendaris Persik Kediri itu memang cukup rasional. Selam satu dekade terakhir, praktis tidak ada lagi tim juara kompetisi yang mewakili Indonesia di pentas Liga Champions Asia.

Kendati belum mencapai prestasi membanggakan, namuns setidaknya klub-klub Indonesia bisa bersaing sebelum kuota ke LCA diakhiri AFC pada 2012 silam.

"Padahal, seharusnya terus meningkat dari tahun ke tahun. Tetapi faktanya tidak ada peningkatan, sehingga membuat saya cukup khawatir sebagai (eks) pemain," ungkap dia. 

Level kualitas Indonesia menurun pada level Sepakbola Asia, dengan hanya menembus kompetisi AFC Cup. Sementara di level Tim Nasional, Indonesia saat ini juga cukup kepayahan meladeni tim-tim seperti Thailand, Vietnam, bahkan Filipina.



Share on: