Breaking News
Terus Merugi, 5 Klub Liga 1 Desak PT LIB Untuk Segera Gulirkan Kompetisi     Dukung Tim Bulutangkis Indonesia, Eks Pemain Timnas Ini Pukul TV Pakai Raket     Pelatih Persela Ungkap Kelebihan Timnas di Era Shin Tae-yong     Pemain Keturunan Jawa-Belanda Meninggal, Real Madrid dan Ajax Amsterdam Ucapkan Pesan Belasungkawa     Kondisi Mental Para Pemain nya Terganggu, Ini yang Dilakukan Pelatih Persipura    
Jejak Karir Ryuji Utomo Pemain Muda yang Haus Tantangan, Uruguay, Bahrain, Thailand Hingga Malaysia
05 Desember 2020 | 13:37 WIB oleh Amirul Mukminin
SepakbolaNasional - @Bola.com ± 8 bulan yang lalu
235   x
Share on:
(Jejak Karir Ryuji Utomo Pemain Muda yang Haus Tantangan, Uruguay, Bahrain, Thailand Hingga Malaysia) - @Bola.com - Grafis Perjalanan Karir Ryuji Utomo
Keterangan gambar : Jejak Karir Ryuji Utomo Pemain Muda yang Haus Tantangan, Uruguay, Bahrain, Thailand Hingga Malaysia Grafis Perjalanan Karir Ryuji Utomo (Sumber gambar:@Bola.com)

Jejak Ryuji Utomo di Luar Negeri: Menimba Ilmu di Uruguay, Menjajal Kompetisi Timur Tengah dan Juara di Thailand

Liga123 - Bek Persija Jakarta, Ryuji Utomo, dipastikan bakal membela klub promosi Malaysia Super League, Penang FA, sebagai pemain pinjaman dari Macan Kemayoran. Bek tengah berpostur tinggi besar itu memang kerap menarik minat klub luar negeri untuk menggunakan jasanya.

Persija Jakarta menepati janjinya untuk tidak menghalangi para pemainnya yang mendapatkan minat dari klub luar negeri ketika lanjutan Shopee Liga 1 baru direncanakan bergulir pada Februari 2021. Ryuji Utomo kini menjadi pemain pertama yang dilepas Macan Kemayoran untuk berkarier di luar negeri sebagai pemain pinjaman.

"Proses kepindahan Ryuji ke Penang FA sudah rampung. Mereka tertarik dengan Ryuji karena kualitasnya baik, serta punya kepribadian yang bagus," ujar Presiden Persija Jakarta, Mohamad Prapanca, seperti dikutip dari situs resmi klub.

"Kami yakin sepulangnya dari Penang FA, Ryuji akan makin matang dan menjadi tembok kukuh bagi lini belakang Persija Jakarta," lanjut sang presiden klub.

Sementara itu, Ryuji Utomo punya dua misi yang ingin dilakukannya selama dipinjamkan ke Penang FA. Ryuji bertekad menembus tim inti dan mencari ilmu serta pengalaman sebanyak-banyaknya.

"Sebagai pemain sepakbola profesional, tentu saya ingin bermain secara reguler dan juga mencari ilmu. Dalam dunia Sepakbola ini waktunya tidak banyak, tentunya saya harus mencari jam terbang dan pengalaman sebanyak-banyaknya serta terus belajar," ujar Ryuji Utomo dalam Youtube Persija, Rabu (2/12/2020).

Bicara soal keterlibatan dengan klub luar negeri, ini memang pertama kalinya Ryuji Utomo berkiprah di Malaysia. Kendati Demikian, jika bicara soal pengalaman menimba ilmu di luar negeri, Ryuji Utomo sudah punya jam terbang yang cukup banyak.

Sempat Berkarier di Timur Tengah

Ryuji Utomo mengawali karier profesional bersama Mitra Kukar. Kendati Demikian, sebelum bergabung dengan Naga Mekes, Ryuji sempat menimba ilmu di Uruguay bersama tim SAD Indonesia pada 2011.

Ryuji menimba ilmu di Uruguay bersama Manahati Lestusen, Novri Setiawan, Rudolof Yanto Basna, Teja Paku Alam, Vava Mario Yagalo, dan Wawan Febrianto.

Ketika kembali ke Tanah Air, Ryuji Utomo sempat memperkuat Tim Nasional Indonesia U-19 pada 2014. Kendati Demikian, ketika kompetisi di Tanah Air dibekukan karena hukuman dari FIFA, Ryuji pun menjajal kesempatan untuk berkarier di luar negeri.

Klub Bahrain, Al-Najma, menjadi pelabuhan Ryuji Utomo pada 2015. Bermain di Timur Tengah, Ryuji Utomo tercatat tampil sebanyak 16 kali dan mencetak satu gol.

Kendati Demikian, hanya satu musim bersama Al-Najma, Ryuji Utomo kembali ke Tanah Air pada 2016 setelah FIFA mencabut sanksi untuk Indonesia. Ia bergabung bersama Arema FC dan kemudian bergabung bersama Persija Jakarta pada 2017.

Menjajal Thai League, Jadi Juara

Ryuji Utomo harus bersaing keras dengan pemain lain di pusat pertahanan Persija Jakarta di Liga 1 2017. Bermain di bawah asuhan Stefano Cugurra, Ryuji tercatat mendapatkan kesempatan bermain dalam 9 pertandingan di Liga 1 2017.

Pada akhir musim, Ryuji meminta izin kepada CEO Persija Jakarta saat itu, Gede Widiade, untuk berkarier di luar negeri. Persija Jakarta pun memberikan restu kepada Ryuji untuk berkarier di luar negeri dan dipinjamkan ke klub Thai League 2, PTT Rayong.

Bersama PTT Rayong, Ryuji Utomo mendapatkan kesempatan tampil dalam 18 pertandingan. Bahkan boleh dibilang bek kelahiran Jakarta itu membantu timnya, bukan hanya promosi ke Thai League 1, tapi juga menjadi juara Thai League 2 2018.

Satu musim bermain di Thailand, Ryuji Utomo kembali ke Persija Jakarta yang membutuhkan tenaganya untuk tampil di Piala AFC 2019. Persija menjadi wakil Indonesia di kompetisi kasta kedua Asia itu setelah menjuarai Liga 1 2018.

Kini, setelah membantu Persija Jakarta di Liga 1 2019 dan awal musim 2020, Ryuji Utomo berkesempatan untuk kembali berkiprah di luar negeri. Kembali berstatus sebagai pemain pinjaman, Ryuji bergabung bersama Penang FA yang baru saja promosi ke Malaysia Super League.


Share on: