Breaking News
Terus Merugi, 5 Klub Liga 1 Desak PT LIB Untuk Segera Gulirkan Kompetisi     Dukung Tim Bulutangkis Indonesia, Eks Pemain Timnas Ini Pukul TV Pakai Raket     Pelatih Persela Ungkap Kelebihan Timnas di Era Shin Tae-yong     Pemain Keturunan Jawa-Belanda Meninggal, Real Madrid dan Ajax Amsterdam Ucapkan Pesan Belasungkawa     Kondisi Mental Para Pemain nya Terganggu, Ini yang Dilakukan Pelatih Persipura    
Berawal dari Film, Muly Munial Bisa Jadi Super Agen Indonesia
05 Desember 2020 | 06:50 WIB oleh Amirul Mukminin
SepakbolaNasional - @Indosport.com ± 8 bulan yang lalu
304   x
Share on:
(Berawal dari Film, Muly Munial Bisa Jadi Super Agen Indonesia) - @Indosport.com - Muly Munial bersama para pemainnya.
Keterangan gambar : Berawal dari Film, Muly Munial Bisa Jadi Super Agen Indonesia Muly Munial bersama para pemainnya. (Sumber gambar:@Indosport.com)

Dari Film Jalan, Muly Munial Menjadi Agen Pemain Top Indonesia

Liga123 - Nama Mulyawan Munial mungkin sudah tak asing di kancah Sepakbola Indonesia. Pria yang kerap disapa Muly Munial ini merupakan satu agen pemain sukses Indonesia.

Sepak terjang Muly sebagai agen memang sudah tak diragukan lagi. Beberapa pemain top Indonesia seperti Bambang Pamungkas, Evan Dimas, Andik Vermansyah, Rendy Juliansyah dan lainnya mempercayai sosok pria bertubuh tambun ini.

Kendati Demikian siapa sangka menjadi seorang agen bukanlah pekerjaan awalnya. Dia sempat ternyata bekerja di bagian keuangan. Semua itu ia tuangkan dalam sebuah wawancara di akun Youtube PSIM Jogja.

"Saya sampai ke Australia. SMA saya di Australia karena ingin belajar tenis di sana," ujar Muly dalam acara bertajuk Half Time Session.

"Lalu, S2 saya mengambil marketing bisnis. Saya sempat kerja juga di bank tahun 1997. Jadi latar belakang saya memang di dunia keuangan," ungkap Muly.

Kendati Demikian, karier Muly di dunia keuangan tidak berjalan mulus. Akibat krisis ekonomi yang melanda Indonesia, Muly terpaksa meninggalkan pekerjaannya.

Momen tersebut ternyata dijadikan titik balik oleh Muly. Berawal dari sebuah film dan didasari kecintaan olahraga jalan dirinya menjadi seorang agen terbuka. 

"Dari situ saya sempat nonton film berjudul Jerry Maguire. Dari film tersebut saya belajar, ternyata kalau kamu gagal sebagai atlet, kalau passion kamu masih di olahraga, ada satu profesi namanya agen yang di sana terlibat membantu para atlet. Bagi saya, itu kerja impian," ujar Muly.

"Akhirnya saya belajar industri ini. Kebetulan di Indonesia ketika itu (peran agen) masih kecil. Saya melamar ke mana-mana, ada satu perusahaan bernama International Management Group (IMG), saya coba belajar sama mereka karena mereka kebetulan ada cabang di Jakarta."

"Walau saya gak ada background sport management, tapi sesuatu yang dikerjakan dengan passion, dengan hati, itu suatu saat bisa menghasilkan. Dan saya sudah 20 tahun di industri ini," ungkapnya.

Muly sendiri saat ini mengelola Munial Sports Group (MSG) yang menaungi banyal pemain sepakbola muda berbakat, seperti Rendy Juliansyah, Hanif Sjahbandi, dan beberapa pemain muda lainnya.



Share on: